Sang Penandai



Cinta adalah kata kerja. Dan sebagai kata kerja, jelas ia membutuhkan tindakan-tindakan, bukan sekadar perasaan-perasaan. Buku ini dibeli sudah lama sekali. Seingat saya, waktu masih di Malaysia. Baru dibaca minggu lalu dan dikhatamkan di Malaysia. Parah! 😂😂😂

Hampir jengah, atau memang jengah di halaman-halaman pertama. Bang Darwis begitu berlebihannya menggambarkan kisah cinta Jim dan Nayla. Kisah cinta si miskin dan si kaya. Jim, adalah pemuda miskin, tak mengenal orang tua sejak kecil, tak berpendidikan dan seorang pemuda yang kerap diliputi kegamangan. Sementara Nayla, adalah anak saudagar kaya dari negeri tetangga. .


Nayla, rela mati demi Jim. Tapi Jim, tetaplah seorang anak muda yang tak bisa mengambil keputusan. Kedatangan Sang Penandai, si pembuat dongeng tak membuat Jim berpikir. Ia masih dihantui kematian Nayla, merasa bersalah dan menganggap Nayla-nyalah cinta sejatinya. .

"Pecinta sejati tidak akan pernah menyerah sebelum kematian itu sendiri datang menjemput dirinya." Pesan-pesan Sang Penandai, akhirnya membuat Jim mengambil keputusan. Ia menjadi kelasi di sebuah kapal besar yang akan menuju Tanah Harapan. Selama perjalanan, Jim tak pernah berbicara dengan siapa pun. Tapi ia bekerja dengan baik. Di sela-sela pekerjaannya, Jim kerap menangis menyesali diri mengingat Nayla. Jim, dijuluki si kelasi yang menangis. .


Perjalanan dan waktu membuat Jim menjadi sosok yang lain. Tak lagi menjadi pendiam, tak juga kembali menangis. Menuju Tanah Harapan, membuat Jim banyak pengalaman. Pun peperangan-peperangan di kapal Pedang Langit membuat Jim tak lagi sekadar menjadi kelasi. 
Bertemukah Jim dengan Tanah Harapan? Lalu, apa kabar Sang Penandai si pembuat dongeng? Bukankah masing-masing manusia sudah mempunyai kisah dongeng sendiri? 


Novel ini, merupakan buku lamanya Tere Liye. Sebelum buku-bukunya Best Seller seperti sekarang. Apa pun, Tere Liye tetap menulis dengan kesimpulan-kesimpulan pesan moral, kemanusiaan, usaha, doa dan kekhasannya dalam bercerita.

Comments

Post a Comment

Popular Posts